SAMFATI

Halo, halo, halo! Ternyata terakhir publish tulisan sudah dua bulan yang lalu ya. Haha. Mohon dimaafkan kebolongan saya kali ini ya. Kali ini aku mau berbagi cerita lama yang sayang kalau tidak dibagikan. Cerita ini dari pengalaman Magang Nusantara (MN) di IFI Yogya bersama SAMIFATI, duo band asal Perancis. SAMIFATI ini adalah artis pertama selama MN di Yogya yang aku kerjakan persiapannya dari awal sampai akhir.

SAMIFATI adalah grup duo asal Perancis yang beranggotakan Sami Fatih, selaku musisi elektro sekaligus violist, dan Axel Vanlerberghe, selaku video jockey (VJ). Duo ini menghadirkan musik yang terinspirasi dari musik-musik tradisi dari seluruh dunia dan tampilan visual tematik sesuai lagu yang akan membawa kita semakin terhanyut dalam musiknya. Mereka ini paket lengkap yang memanjakan telinga dan mata deh pokoknya!

Untuk menampilkan SAMIFATI di Yogyakarta, IFI berkolaborasi dengan Festival Kesenian Yogyakarta 29. SAMIFATI diberikan tempat untuk tampil di Panggung Mak Byarr (9 Agustus 2017), sebuah program acara dari FKY 29 yang menghadirkan pertunjukan tari dan musik dalam satu panggung. Kolaborasi selalu menjadi ide brilian untuk dilakukan di dunia seni dan budaya. Kolaborasi dengan FKY 29 ini memberi kesempatan artis yang datang untuk bertemu dengan seniman-seniman lokal. Walaupun tidak berkolaborasi secara khusus di atas panggung, tapi mereka bisa saling bertemu di belakang panggung untuk berkenalan dan berjejaring. Selain itu, kolaborasi juga dapat memperluas jangkauan penonton karena ada massa yang dibawa kolaborator. Dan tentu saja meringankan pekerjaan karena bisa dilakukan bersama-sama dengan kolaborator.

SAMIFATI di Magang Nusantara 2017
SAMIFATI di Magang Nusantara 2017

Dan tibalah saatnya naik panggung. Sebelum SAMIFATI tampil, ada Artedans, Gaung Jagat Ensemble, dan Didik Nini Thowok yang menghadirkan penampilan memukau dan sangat menghibur penonton. Lalu, puncak acaranya Sami dan Axel mengguncang Panggung Mak Byarr dengan gegap gempita. Mereka baru merilis EP (mini album) berjudul Cycle di Maret 2017 dan dalam penampilan ini mereka membawakan semua lagu dari EP terbaru dan juga lagu-lagu lama SAMIFATI. Di beberapa lagu, Sami juga unjuk kebolehannya memainkan biola sambil berinteraksi dengan penonton. Axel juga melengkapi musik dengan visual-visual yang membawa penonton semakin khusyuk bergoyang. Di Panggung Mak Byarr ini ada juga Jogjakarta Video Mapping Project (JVMP) yang menampilkan video mapping di tembok Ndalem Pugeran. Visual yang dibuat Axel pun ditampilkan di tembok Ndalem Pugeran dan bikin pertunjukan jadi semakin keren. Meskipun banyak di antara penonton yang baru mengetahui SAMIFATI, tapi semua bisa mencerna pertunjukan ciamik ini. What a wonderful collaboration!

Baca juga:  Magang Kelola, Magang Nusantara 2017
Gaung Jagad Ensemble
Didik Nini Thowok
SAMIFATI on stage!

Sebuah kehormatan sekali bisa mendampingi SAMIFATI selama di Yogyakarta. Termasuk juga mengajari Sami untuk menyapa penonton dalam bahasa lokal “sugeng ndalu” (kebahagiaan orang-orang di belakang panggung emang sepele :P). Semoga musik-musik tradisi yang ditemui SAMIFATI selama lawatannya ke Indonesia bisa menjadi inspirasi untuk karya-karya mereka ke depannya. Penasaran ga sih musiknya SAMIFATI seperti apa? Aku sertakan link-link musik mereka ya di bawah. Ada juga video perjalanan yang dibuat Axel kalau kalian ingin mengintip perjalanan mereka. And last but not least, tell me what do you think about their music on the comment section below. Enjoy!

Share: