” Hai Feby, baru baca blogmu..bikin senyum senyum juga.. “

Sebuah pesan singkat masuk dari teman kerja selama di Yogya. Hal-hal seperti ini jadi penyemangat untuk masih ngeblog, selain tagihan hosting tentunya (haha).

Kenapa masih ngeblog? Apa enaknya? 

Sebenarnya bukan karena blognya, tapi nulisnya. Aku menemukan kesenangan tersendiri saat menulis. Biasa menulis jurnal ternyata efeknya cukup melegakan hati dan pikiran. Ibaratnya ketika menulis jurnal itu kayak deep conversation dengan diri sendiri dan jadi sarana mencerna apapun yang barusan aku alami atau aku rasakan. Punya quality time dengan diri sendiri rasanya menyenangkan deh. Walaupun aku juga cerita ke temen dan ke pasangan, ternyata ngobrol sama diri sendiri itu tetap jadi kebutuhan. 

N Nah, ngeblog pun juga begitu. Menuliskan apa yang aku alami dan rasakan juga, tapi tulisannya adalah tulisan yang bisa dikonsumsi publik. Kalau mencomot istilahnya Ruby itu #talkthewalk. Hal-hal yang kubagikan di sini adalah hal-hal yang sayang untuk tidak diteruskan. Kalau tulisanku nantinya bisa berguna untuk orang lain itu bonus.

Ada tulisan menarik tentang alasan masih ngeblog dari Living Loving, blog yang masih rajin berkarya di dunia maya sampai sekarang, bisa dibaca di sini.


Baca blog malesin, kepanjangan!

Setiap orang punya preferensinya masing-masing dan tidak ada yang membuatnya sebagai sebuah keharusan. Aku pribadi akhir-akhir ini lagi ngerasa ada yang ‘kurang’ aja karena lebih sering terpapar dengan konten-konten singkat dan padat di media sosial. Semacam ada kehausan untuk membaca sesuatu yang lebih panjang, mendalam, tapi ga susah-susah amat dicerna (bukan esai gitu hehe). Dan itu juga yang jadi alasan untuk tetap berbagi cerita dalam tulisan yang lebih panjang daripada di media sosial. Mungkin di antara teman-teman ada yang mengalami pengalaman yang sama?

Baca juga:  Rekomendasi Bramandewi: Tengah Bulan April 2019

2019 bukan tahun yang produktif untukku dalam urusan per-blog-an. Semoga cerita-cerita yang sayang untuk tidak dibagikan ini bisa rilis di 2020. Dan kalau di antara kalian ada yang suka baca blog juga, share donk di kolom komentar blog rekomendasi dari kalian!

Share: